Pidato Sambutan Kepala SMAN 1 Maniangpajo pada Milad XIX

Bismillahir Rahmanir Rahim

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang terhormat Tripika Kecamatan Maniangpajo

Yang terhormat Kepala UPTD Pendidikan Kec. Maniangpajo

Yang terhormat Ketua Komite SMA Negeri 1 Maniangpajo bersama dengan pengurus

Yang terhormat Pendiri SMA Negeri 1 Maniangpajo melalui wadah Yayasan Pendidikan Maniangpajo

Yang terhormat  Tokoh Pendidikan, Tokoh Masyarakat, Para Undangan, Orang Tua/Wali Siswa Kelas XII, Pembina SMA Negeri 1 Maniangpajo, dan Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Maniangpajo yang juga saya banggakan

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayat-Nya, kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal-afiat di Gedung Serbaguna Andi Alinuddin dalam rangka menghadiri Acara Milad XIX Kampus Cemara yang bertemakan “BERINOVASI ~ BERKREASI ~ BERPRESTASI”

Shalawat dan Salam, semoga juga tetap tercurah untuk Nabiullah Muhammad SAW, yang membawa sebuah ajaran dari lembah kebodohan ke alam yang terang benderang melalui sebuah konsep Adinul Islam dan karena ayat pertama yang diturunkan kepadanya, “IQRA”, Bacalah, yang memberikan signal kepada kita semua untuk belajar. Karena proses belajar itu pulalah sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat ini.

Bapak dan Ibu yang saya hormati

Hari ini merupakan salah satu tonggak sejarah dalam kaitan dengan keberadaan Kampus Cemara SMA Negeri 1 Maniangpajo, sebab pada tanggal 5 Mei 1992, Pemerintah Republik Indonesia mengakui keberadaan sekolah ini di Bumi Abbulosipeppa Maniangpajo, dengan mengalihkan status sekolah ini, yang sebelumnya berstatus swasta yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Maniangpajo menjadi status negeri yang bersifat mandiri dibawah naungan Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo.

Dari hal tersebut, sejak tahun 1987 sekolah ini bernama SMA Swasta Anabanua, dimana saat itu, proses administrasi termasuk ijazah alumni harus dikeluarkan di SMA Negeri 1 Sengkang. Namun, sejak proses penegerian tersebut pada tahun 1992, SMA Negeri 1 Maniangpajo, berhak untuk mengeluarkan ijazah kepada alumninya hingga saat ini.

Perjalanan panjang ini memberikan banyak sekali pelajaran kepada kita sebagai pelaku sejarah lembaga ini, yang secara terus menerus kita pun senantiasa belajar dari pengalaman tersebut. Oleh karena itu, atas nama Kepala Sekolah dan seluruh Civitas Akademika SMA Negeri 1 Maniangpajo, mengawali sambutan ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras, bahu membahu membangun kinerja di SMA Negeri 1 Maniangpajo, sehingga menjadi sekolah yang dihormati, dibanggakan, dan tetap berprestasi.

Secara khusus, saya ingin menyampaikan terima kasih tersebut kepada Pendiri SMA Negeri 1 Maniangpajo melalui Yayasan Pendidikan Maniangpajo yang telah dengan penuh keikhlasan bekerja meletakkan dasar-dasar pengembangan lembaga ke arah yang kemudian berwujud seperti ini. Konsep pengembangan tersebut kemudian didorong oleh pelanjut dan pelaku pendidikan SMA Negeri 1 Maniangpajo hingga saat ini. Pelaku pendidikan yang saya maksud adalah warga SMA Negeri 1 Maniangpajo yang terdiri dari Guru, Pegawai, Komite Sekolah, Orang Tua/Wali Peserta Didik, dan Peserta Didik itu sendiri yang memiliki komitmen kuat untuk membesarkan sekolah ini. Untuk hal itu semua, sekali lagi, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus dengan disertai doa, mudah-mudahan amal baik Bapak/Ibu/Ananda semua memeroleh ganjaran dan pahala yang jauh lebih baik dari Allah SWT. Amin.

Hadirin yang berbahagia

Alhamdulillah, sejak tanggal 5 Mei 2011 yang lalu, Kampus Cemara SMA Negeri 1 Maniangpajo telah memasuki usia 19 tahun, meski baru diperingati pada hari ini. Sebuah usia, jika diibaratkan manusia, merupakan masa transisi dari remaja ke dewasa. Namun, ini merupakan anugerah Allah SWT., sekaligus sebagai bukti dari amanah dan kepercayaan masyarakat kepada SMA Negeri 1 Maniangpajo dalam menjalankan misi mencerdaskan kehidupan bangsa di persada negeri ini.

Pada kesempatan acara ramah tamah Milad XIX Kampus Cemara ini, saya ingin secara khusus menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan perkembangan SMA Negeri 1 Maniangpajo, khususnya kinerja setahun terakhir sebagai refleksi perjalanan kita pada periode tersebut. Disamping itu, saya juga akan menyampaikan sedikit gambaran tentang rencana pengembangan SMA Negeri 1 Maniangpajo kedepan.

Tahun Pelajaran 2010/2011, berbagai dinamika eksternal dan internal sekolah telah mewarnai proses perkembangan dan pengokohan jati diri sekolah tercinta ini. Berbagai prestasi telah diperoleh dibidang akademik maupun non akademik, oleh siswa maupun pembina lebih-lebih sekolah ini sendiri. Diawal Tahun Pelajaran yang lalu, saya tidak menyangkah jika jumlah peminat SMA Negeri 1 Maniangpajo, melonjak secara drastis. Hal ini dibuktikan pada penerimaan siswa baru yang lalu, dimana rencananya akan menerima 160 siswa namun kenyataan yang mengambil formulir pendaftaran berjumlah 264 orang.

Prestasi lain yang dicapai diawal tahun pelajaran 2010/2011, adalah dengan mewakili Kabupaten Wajo pada pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi Tk. Provinsi Sulawesi Selatan. Alhamdulillah, saya yang mengikuti ajang tersebut berhasil meraih juara II. Anak-anak kami yang tergabung dalam Cemara Scout “Pramuka SMA Negeri 1 Maniangpajo” juga berhasil meraih juara umum III sekaligus mempertahankan Juara I Lomba Administrasi Pramuka pada kemah dan lomba pramuka penegak tingkat Sulawesi Selatan dan Barat yang setara dengan tingkat Nasional. Anak-anak kami yang juga tergabung dalam PMR-PMI Unit SMA Negeri 1 Maniangpajo juga menorehkan juara I Kemah dan Aksi Palang Merah Tk. Kabupaten Wajo.

Dibidang Olahraga, salah seorang siswa kami mewakili Kabupaten Wajo pada Pekan Olahraga Cacat Daerah yang dilaksanakan di Kabupaten Pangkep. Alhamdulillah, anak kami tersebut mempersembahkan 1 emas dan 1 perak untuk Kabupaten Wajo. Dibidang akademik, anak kami berhasil masuk babak final pada lomba Tonasa Science Championship Tingkat Sulawesi Selatan yang dilaksanakan di Clarion Hotel Makassar untuk lima mata pelajaran yaitu Matematika, Fisika, Biologi, Kimia dan Ekonomi. Sedangkan untuk pendidikan karakter siswa, dalam rangka hari pendidikan nasional 2 Mei 2011 yang lalu, Kantin Kejujuran “Cemara” SMA Negeri 1 Maniangpajo dinobatkan sebagai juara II tingkat Kabupaten Wajo.

Hadirin yang berbahagia

Deretan juara yang saya sampaikan tadi, hanyalah sebagian kecil juara yang diperoleh oleh SMA Negeri 1 Maniangpajo dalam kurung waktu satu tahun terakhir. Berdasar dari inilah ditengah memperingati Milad ke-19 ini, ditetapkan sebuah tema “BERINOVASI – BERKREASI – BERPRESTASI”. Diharapkan diusinya yang ke-19 SMA Negeri 1 Maniangpajo semakin meningkatkan inovasi dan kreasinya dalam memacu prestasi yang lebih tinggi lagi. Sehingga visi SMA Negeri 1 Maniangpajo dapat benar-benar diraih, dan bukan hanya angan-angan. Dan untuk itu, kita memang sangat yakin bisa meraihnya, bila melihat kesungguhan yang ada pada seluruh elemen di lingkungan Kampus Cemara SMA Negeri 1 Maniangpajo. Insya Allah.

Perlu pula kami sampaikan bahwa SMA Negeri 1 Maniangpajo, sejak pertengahan 2009 yang lalu, telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai Rintisan Sekolah Kategori Mandiri atau yang lebih kita kenal sebagai Rintisan Sekolah Standar Nasional. Sebuah level pendidikan yang berada dibawah satu tingkat dari Rintisan Sekolah Standar Internasional yang di Kabupaten Wajo baru SMA Negeri 2 Sengkang dan SMK Negeri 1 Sengkang mampu mencapai pada level tersebut.

Keseluruhan dinamika, prestasi dan kinerja yang telah diraih, Kampus Cemara SMA Negeri 1 Maniangpajo diusianya yang hampir matang ini, merupakan bentuk dan komitmen pengabdian sekolah kepada negara dan bentuk pengokohan peran SMA Negeri 1 Maniangpajo sebagai tulang punggung perkembangan pendidikan nasional. Kiprah sekolah ini juga sejalan dengan cita-cita untuk meraih posisi sebagai salah satu “World Class School” khususnya dalam bidang pendidikan

Karena itu, ingin saya tegaskan bahwa kedepan SMA Negeri 1 Maniangpajo akan mengutamakan peningkatan mutu dan kinerja pendidikan. Sehingga Visi SMA Negeri 1 Maniangpajo “Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang Kreatif, Inovatif, Unggul, Berbudi Luhur, dalam Iptek dan Imtaq” Insya Allah dapat diraih.

Camat Maniangpajo yang kami muliakan

Ada wacana di tingkat Kabupaten, jika Bupati Wajo akan melaksanakan Pisah Tamat se-Kabupaten Wajo bagi siswa Kelas XII. Tanpa ada maksud untuk mendahului kegiatan tersebut, perlu kami sampaikan bahwa kegiatan kita hari ini, bukanlah perpisahan. Akan tetapi sebuah rangkaian acara dari kegiatan Milad Kampus Cemara SMA Negeri 1 Maniangpajo yang memang selalu kami laksanakan setiap tahunnya.

Rangkaian kegiatan Milad XIX Kampus Cemara sudah berlangsung sejak tanggal 15 Mei 2011 yang lalu, melalui kegiatan Pentas Seni dan Bazaar. Dan menutup rangkaian kegiatan tersebut, pada hari ini dilaksanakan ramah tamah, untuk mempererat tali persaudaraan antara warga sekolah, pemerintah, pemerhati pendidikan dan masyarakat Kecamatan Maniangpajo.

Alhamdulillah, kegiatan tersebut dalam pantauan kami mendapat dukungan positif dari berbagai lapisan masyarakat. Bukan saja bagi mereka yang berdomisili di Wilayah Kecamatan Maniangpajo, akan tetapi, kegiatan ini juga dikunjungi dan ditonton oleh Saudara-saudara kita dari wilayah di luar Kecamatan Maniangpajo bahkan kami mendapatkan kunjungan dari Saudara-saudara kita yang berdomisili di Kabupaten Tetangga, yakni Kabupaten Sidrap. Kunjungan mereka, tentunya ingin melihat bagaimana bakat anak-anak kita di SMA Negeri 1 Maniangpajo ini, melalui bakat  seni yang mereka pertontonkan di ajang pentas seni, begitupun dengan kreativitas memasak yang mereka perlihatkan pada bazaar.

Bersamaan dengan kegiatan ini pula, Sebagai pimpinan di SMA Negeri 1 Maniangpajo. Tadi telah menyerahkan penghargaan kepada tiga guru berprestasi, dua wali kelas berprestasi, dan satu pegawai berprestasi SMA Negeri 1 Maniangpajo Tahun Pelajaran 2010/2011. Penghargaan ini memang dalam pandangan kita tadi hanya diberikan kepada enam pembina, tapi pada hakikatnya saya tegaskan bahwa seluruh tenaga pendidik dan tenaga pendidikan SMA Negeri 1 Maniangpajo yang berjumlah 51 orang, semuanya berprestasi.

Bapak dan Ibu Orang Tua/Wali Siswa Kelas XII yang berbahagia

Tanggal 16 Mei 2011 yang lalu, telah dilaksanakan pengumuman kelulusan Ujian Nasional. Alhamdulillah, dari 118 peserta Ujian Nasional, SMA Negeri 1 Maniangpajo dinyatakan lulus 100%.

Hari ini, kepada Bapak/Ibu orang tua/wali siswa Kelas XII kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kepercayaannya kepada kami untuk membimbing, mendidik, mengajar, dan membina anak-anak kita selama tiga tahun pelajaran. Selama tiga tahun ini pulalah Bapak dan Ibu telah banyak membantu kami dalam mengembangkan sekolah yang kita cintai ini. Terima kasih, sekali lagi kami ucapkan kepada Bapak dan Ibu. Namun, permohonan maaf, juga kami haturkan kepada Bapak dan Ibu, jika sekiranya bimbingan, didikan, pengajaran, dan pembinaan yang kami lakukan selama ini tidak sesuai dengan harapan Bapak dan Ibu. Terus terang kami, masih ingin memberikan yang terbaik untuk memenuhi harapan Bapak dan Ibu. Namun, waktu yang meminta jika hari ini, Rabu, 18 Mei 2011 saya Kepala SMA Negeri 1 Maniangpajo mewakili civitas akademika SMA Negeri 1 Maniangpajo mengembalikan anak-anak kita kepada Bapak/Ibu untuk dibina dan disekolahkan pada tingkat yang lebih tinggi lagi

Sebagai orang tua, kita perlu bersikap arif dan bijaksana dalam mendidik dan membesarkan anak. Kita harus punya konsep tentang bagaimana menjadi orang tua yang ideal bagi mereka termasuk dalam hal mengurus dan mengarahkan pendidikan mereka.

Kepada Ananda Kelas XII, Melalui kesempatan ini, mewakili Civitas Akademika SMA Negeri 1 Maniangpajo menyampaikan ucapan SELAMAT atas keberhasilan kalian LULUS dalam menempuh Ujian Nasional, dan selamat memasuki pendidikan yang lebih tinggi. Meski demikian, janganlah menjadikan hari ini sebagai hari terakhir di Kampus Cemara dan jangan pula menjadikan hari ini sebagai hari terakhir menuntut ilmu. Ananda adalah putera dan puteri terbaik Cemara. Hanya seperti inilah yang kami mampu berikan kepada Ananda selama tiga tahun, mudah-mudahan menjadi bekal untuk meraih kesuksesan yang jauh lebih sukses dari apa yang pernah kami dapatkan. Songsonglah masa depan Ananda dengan prestasi yang gemilang. Kami yang ada disini hanya mampu menitipkan sebuah warisan, ditanganmulah masa depan bangsa ini berada

Juga, mewakili Civitas Akademika SMA Negeri 1 Maniangpajo, menyampaikan terima kasih kepada Ananda sekalian atas partisipasinya selama ini dalam menyukseskan kegiatan sekolah. Prestasi yang Ananda torehkan untuk SMA Negeri 1 Maniangpajo, menjadi sebuah catatan sejarah Kampus Cemara yang tertulis dengan tinta emas dan tidak akan lekang oleh waktu

Prestasi-prestasi Ananda, menjadi sebuah pemicu untuk lebih berprestasi lagi dikemudian hari. Usia SMA Negeri 1 Maniangpajo, hingga saat ini, kini genap 19 tahun. Sebuah perjalanan yang masih bisa terombang-ambing oleh kekejaman zaman. Namun, karena Ananda, Sekolah yang kita cintai bersama ini, masih bisa berdiri kokoh, seakan-akan ingin berkata “Inilah Kampus Cemara”

Olehnya itu, sebagai kenang-kenangan dari kami. Tadi saya sematkan PIN Logo Kampus Cemara SMA Negeri 1 Maniangpajo. Kenakanlah setiap saat. Pasanglah di dada kalian, dengan harapan di dada kalian tetap terpatri nama Kampus Cemara. “Garuda di Dadaku, Kampus Cemara juga di Dadaku, Kuyakin SMA Negeri 1 Maniangpajo, Pasti Jaya”

 

Hadirin yang berbahagia

Marilah kita berdo’a kepada Allah, agar kita senantiasa diberikan anugerah keselamatan hidup di dunia dan akhirat, dimasukkan ke dalam syurga jannatun na’im dan dijauhkan dari siksa api neraka. Semoga Allah senantiasa melimpahkan ridha dan karunia-Nya kepada kita. Amin ya rabbal ‘alamin.

 

Akhirnya, Selamat Atas Kelulusan Ananda, dan Selamat Ulang Tahun Ke-19 Kampus Cemara SMA Negeri 1 Maniangpajo. Marilah kita bersama-sama mengangkat dua jempol tangan sambil berteriak SMAN 1 MANIANGPAJO LEBIH BISA!

 

MAJULAH ALUMNI ….

JAYALAH KAMPUS CEMARA ….

SMAN 1 MANIANGPAJO LEBIH BISA!

 

Nasrun minallah wa fathun qarib.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Tulisan ini dipublikasikan di Artikel, Kampus Cemara. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s