Don’t Stop Komandan, Syahrul Kembali Pimpin Kwarda Sulawesi Selatan

Ketua Majelis Pembimbing Daerah yang juga merupakan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulsel, Dr H Syahrul Yasin Limpo, menyebut jika istilah Don’t Stop Komandan yang belakangan sering disebut sebagai tagline politik, merupakan kata dan semangat Pramuka. Kalimat tersebut juga mengandung makna never give up, pantang menyerah.

“Don’t stop komandan itu bukan tagline politik. Tapi, kata Pramuka. Kalau dalam mencapai tujuanmu ada tembok penghalang di depanmu, don’t stop, tapi jangan ditabrak. Jangan menyerah, berusahalah melewati tembok itu,” tegas Syahrul di sela-sela pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan, yang dilaksanakan di Baruga Sangiaseri, Ahad (1/4).

Syahrul mengungkapkan, negeri ini sedang dilanda persoalan yakni kekurangan power of trust dan power of give. Masyarakat kita mulai kehilangan kepercayaannya dan kehilangan semangat gotong royong serta saling membantu. “Pramuka akan menjadi solusi dari persoalan negeri ini,” kata Syahrul.

Di organisasi Pramuka, lanjut Syahrul, semua orang bekerja bersama-sama. Mencari solusi terhadap semua persoalan negeri. “Yang bekerja bukan hanya tangan dan kaki. Tapi juga pikiran dan hati. Keterpanggilan saya bergabung di Pramuka adalah panggilan hati. Seandainya di partai politik juga seperti di Pramuka, maka damailah negeri ini,” tuturnya.

Gubernur Sulsel itu berharap, musyawarah daerah yang dilaksanakan bisa menemukan kembali energi dan kesegaran-kesegaran organisasi. Menemukan dan menyempurnakan kekurangan yang ada dan bagian dari proses untuk lebih baik lagi. “Musda bukan mencari yang jelek saja, tapi melakukan perbaikan. Kita harus terus berpikir positif, agar hasilnya juga positif,” urainya.

Syahrul menambahkan, ke depannya harus ada kegiatan-kegiatan Pramuka yang produktif. Misalnya, pembibitan ikan lele dan pembibitan hutan. Setiap desa dan kelurahan juga diprogramkan untuk memiliki pelatih. “Ke depannya tidak ada lagi desa dan kelurahan tanpa pelatih. Kita programkan juga pembibitan lele dan pembibitan hutan itu. Nanti, kita susun anggarannya,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Marsekal Madya TNI Eris Harryanto, memuji keberhasilan Syahrul Yasin Limpo. “Saya sangat kagum dengan pemikiran-pemikiran Pak Syahrul. Bahkan, ketika melihat dia pidato saat pemilihan gubernur se-Indonesia karena saat itu pejabat eselon I juga diundang, saya melihatnya sudah setingkat dengan pemimpin nasional,” puji Eris yang juga menjabat Sekretaris Menteri Pertahanan (Sekmenhan), saat membuka musda pramuka Sulsel.

Setelah melalui proses penyelenggaraan Musyawarah Daerah Gerakan pramuka Sulawesi Selatan, akhirnya  Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.H., M.Si. terpilih kembali menjadi Ketua Kwartir Daerah Derakan Pramuka Sulawesi Selatan periode 2012-2017, yang dilakukan dengan secara aklamasi setelah seluruh peserta musda dari 24 kwartir cabang se-Sulawesi Selatan menyatakan dan memberikan kepercayaan kembali kepada Kak’ Syahrul untuk kembali melanjutkan kepemimpinannya di Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan.

Musda ini di tutup dengan pelantikan Kak Syahrul Yasin Limpo sebagai Ketua Kwarda Sulsel periode 2012 – 2017  yang dilakukan oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof Dr. dr. H Azrul Azwar, pada tempat yang sama.

Dalam sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kak Azrul Azwar mengatakan bahwa “selama ini Gerakan Pramuka telah memberikan kontribusi yang nyata terhadap pembentukan watak, karakter dan kepribadian anak bangsa.” Ia kembali menegaskan, gerakan Pramuka bukan merupakan organisasi pemuda, melainkan merupakan gerakan pendidikan untuk membentuk karakter seseorang. Lebih lanjut, ia mengatakan, gerakan Pramuka mempunyai tiga tujuan utama, yaitu pertama, membentuk karakter pemuda; kedua, menanamkan cinta Tanah Air dan bela negara; serta ketiga, meningkatkan keterampilan agar bisa mandiri yang bermanfaat bagi masa depannya.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan ramuka Sulsel, DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH, M.Si, MH, sendiri dalam sambutannya mengatakan bahwa diharapkan pelantikan ini dapat menjadi momentun yang tepat sebagai langkah dalam memajukan Gerakan Pramuka di Sulsel khususnya. “Soalnya, melalui kegiatan kepramukaan maka nilai-nilai yang terkandung di dalamnya akan mampu membentuk kaum muda dengan watak dan kepribadian serta budi pekerti yang handal sebagai kader penerus bangsa di masa depan,” ungkapnya.

dkcgowa.wordpress.com dan cakrawalaberita.com
About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Informasi, Pramuka. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s