Kampus Cemara Punya Dua Website Resmi

Tampilan sman1maniangpajo.net

Terhitung sejak Tanggal 9 September 2014 SMA Negeri 1 Maniangpajo telah memiliki Satu Nomor Telepon Resmi, Dua E-mail Resmi, Dua Website Resmi, dan Satu Halaman Facebook Resmi. Yasser Arafat, salah seorang pendidik di SMA Negeri 1 Maniangpajo menuturkan bahwa nomor telepon yang dimaksud adalah 081355079081. Sedangkan e-mail yang dimaksud adalah kampuscemara@gmail.com dan admin@sman1mpajo.sch.id. Sementara Website resmi yang dimaksud adalah www.sman1mpajo.sch.id dan www.sman1maniangpajo.net. Lalu Halaman Facebook resmi adalah SMA Negeri 1 Maniangpajo

Khusus dengan munculnya website baru, Yasser menjelaskan bahwa website www.sman1mpajo.sch.id merupakan website yang sudah ada sejak lama dan dilaunching bersamaan dengan perayaan Milad XXII SMA Negeri 1 Maniangpajo. Website tersebut dikembangkan sejalan dengan program PPDB Online yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 1 Maniangpajo tahun 2013 silam yang kemudian dijadikan pilot project oleh BPK untuk merekomendasikan kepada Pemerintah Kabupaten Wajo melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo untuk melaksanakan PPDB Online secara menyeluruh untuk Tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Wajo. Selain PPDB Online, website tersebut juga dikembangkan bersama dengan E-Learning SMA Negeri 1 Maniangpajo dan Raport Elektronik SMA Negeri 1 Maniangpajo yang juga telah dilaunching bersamaan dengan perayaan Milad XXIII sekolah yang dijuluki Kampus Cemara tersebut.

Lanjut Yasser, website www.sman1maniangpajo.net lahir tanpa perencanaan sebelumnya. Website tersebut lahir disaat dilaksanakan Bimtek Tata Kelola Administrasi Keuangan Sekolah Berbasis Web-Online di Gedung As-Saadah (eks Gedung Johar) Sengkang, 8 s.d. 11 September 2014 kemarin. Sebelumnya, Ahad (7/9/14) dilaksanakan sosialisasi di Ruang Pola di Kantor Bupati Wajo yang dihadiri oleh Seluruh Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah SD, SMP, SMA se-Kabupaten Wajo. Bimtek tersebut difasilitasi oleh Pusat Pengembangan Manajemen Informasi Pendidikan Pusat setelah melakukan kontrak kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo selama 5 tahun.

Tim Trainer BPMIP-P, Bayu Hilman menjelaskan bahwa Kabupaten Wajo merupakan Kabupaten/Kota yang ke-179 dari 483 Kabupaten/Kota di Indonesia yang akan dikunjungi oleh BPIMP-P. Kedepan Kabupaten Wajo diharapkan jadi pilot project dalam pengembangan tata kelola administrasi keuangan sekolah berbasis web-online dan sistem informasi manajemen pendidikan. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah, Bendahara Sekolah, dan Operator Sekolah SD, SMP, SMA se-Kabupaten Wajo.

Atas dasar tersebut, setiap sekolah kemudian mendaftarkan website sekolah dan mulai online sejak 9 September 2014 termasuk SMA Negeri 1 Maniangpajo. Yasser yang menghadiri kegiatan tersebut mewakili Kepala SMA Negeri 1 Maniangpajo kembali menuturkan bahwa website baru ini rencananya akan dikembangkan untuk mengelola administrasi keuangan sekolah berbasis web-online. Selain itu, juga akan digunakan untuk inovasi absensi online melalui sistem informasi manajemen pendidikan. Tak heran, jika dalam Bimtek tersebut setiap sekolah difasilitasi pembuatan website, modem, kartu perdana, flashdisc, dan mesin absensi fingerprint.

Tinggalkan komentar