Hari Bumi, CSC Gelar Aksi Sosial

Puluhan Pramuka Penegak SMA NeHari Bumi (1)geri 1 Maniangpajo dan Pramuka Penggalang SMP Negeri 1 Maniangpajo berbaur jadi satu melakukan aksi sosial di Seputar Wilayah Kecamatan Maniangpajo Rabu (22/4/2015). Aksi damai ini untuk memperingati Hari Bumi Tahun 2015 yang dilaksanakan oleh Cemara Scout Community, sebutan Pramuka SMA Negeri 1 Maniangpajo.

Memang, setiap tanggal 22 April seluruh dunia sedang merayakan hari Bumi. Sebagai Agent Of Change, di hari tersebut, Pramuka selalu membuat karya nyata dalam menjaga dan memelihara bumi tercinta. dengan selalu membuat aksi nyata untuk Indonesia dengan tak henti-hentinya menyampaikan pesan cinta. Pada peringatan hari bumi kali ini, Pramuka SMA Negeri 1 Maniangpajo mengundang Pramuka SMP Negeri 1 Maniangpajo untuk bersama-sama melaksanakan aksi sosial yang bertemakan “Sehari CSC Berbakti Untuk Pelastariaan Bumi”.

Hari Bumi (2)Kerani Ambalan Martha Christina Tiahahu, Andi Wahyuni mengungkapkan bahwa aksi sosial yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut diantaranya: Penanaman Pohon pada dua tempat yaitu di SMA Negeri 1 Maniangpajo dan di SMP Negeri 1 Maniangpajo. Dipilihnya SMA Negeri 1 Maniangpajo sebagai lokasi penanaman pohon untuk menjaga eksistensi sekolah tersebut sebagai Sekolah Be Green, Be Clean, Be Smart yang telah memeroleh Penghargaan Sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Sementara itu, lokasi SMP Negeri 1 Maniangpajo dipilih untuk mendukung sekolah tersebut meraih penghargaan Gubernur Sulawesi Selatan sebagai Sekolah Adiwiyata Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2015 binaan SMA Negeri 1 Maniangpajo.

Selain aksi menanam pohon, juga dilaksanakan aksi memungut sampah dan aksi mencabut paku pada pohon di seputar jalan Provinsi di Wilayah Kecamatan Maniangpajo. Kegiatan ini turut diikuti oleh Pembina Pramuka dari 2 Pangkalan tersebut.

Hari Bumi (3)Hari Bumi (4)Ketua Gudep 06.013 SMA Negeri 1 Maniangpajo, Yasser Arafat dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut adalah pengaplikasian dari Darma Pramuka ke-2, Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia. Menurutnya, Pramuka harus menjadi garda terdepan dalam pelestarian bumi. “Pramuka harus tumbuh dan mempertahankan eksistensinya sebagai Pecinta Alam sejati, bukan Penikmat Alam” ungkapnya.

Dari aksi yang berakhir Pukul 18.00 tersebut, sempat menarik perhatian masyarakat sekitar. Atas rasa simpatik tersebut, peserta semakin bersemangat untuk berkegiatan meski sempat diguyur hujan. “Kami menikmati kegiatan ini, apalagi pesan moral kepada masyarakat tentang bahaya sampah plastik dan perusakan ketika memaku pohon bisa diterima oleh masyarakat” ungkap Mardiwansyah, salah seorang peserta.

Hari Bumi sangat penting diperingati untuk memberikan kesadaran pada penduduk dunia akan pentingnya menjaga lingkungan. Tahun ini, dunia mengambil tema “It’s Our Turn to Lead”, inilah giliran kita untuk memimpin. Diharapkan slogan tersebut mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengembangkan inisiatif berkelanjutan dan menggembleng setiap manusia dan anggota muda Gerakan Pramuka untuk hidup lebih hijau dan tumbuh sebagai Patriot Lingkungan.

Menutup kegiatan tersebut, Yasser berpesan agar pohon yang telah ditanam senantiasa dirawat agar kelak bermanfaat untuk masa depan bumi, kuncinya.

Pos ini dipublikasikan di Berita, Informasi, Kampus Cemara, Lingkungan Hidup, Pramuka dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s