GURU TIK MENGIKUTI BIMTEK PENGEMBANGAN IT DI BALI

1907548_1610063702600519_1694749651616952211_nSebanyak 100 Guru Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komuniasi (TIK) SMA Se-Indonesia mengikuti Bimbingan Teknis Pengembangan IT Bagi Guru SMA yang dilaksanakan oleh Direktur Pembinaan PTK Dikmen, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Goodway Hotel, Jalan Nusa Dua Bali, 2 s.d. 5 Juni 2015 yang lalu

Keseratus guru tersebut adalah utusan Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten se-Indonesia berdasarkan keputusan Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 9059/D5.2/KP/2015. Selama 4 hari – 3 malam mereka dilatih dalam hal pemanfaatan IT, pengembangan pembelajaran berbasis TIK, Pengembangan bahan ajar berbasis TIK, multimedia pembelajaran, Learning Management System, dan Pembelajaran Social Mobil Learning.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Badung Provinsi Bali, I Ketut Widiastika, M.M yang berkesempatan membuka kegiatan tersebut mengungkapkan bahwa terpilihnya seratus guru TIK tersebut adalah bukti nyata bahwa pemerintah sangat memperhatikan profesi guru. Sementara itu, Kepala Seksi Perencanaan Kebutuhan dan Kalifikasi PTK SMA Direktorat PPTK Dikmen Kemendikbud, Dra. Nani Parhana, M.M. mengungkapkan bahwa semestinya Bimtek ini dilaksanakan beberapa angkatan, tapi karena ada efesiensi anggaran 45% dari Pemerintah, sehingga hanya 100 orang yang diundang se-Indonesia.

Selain bertujuan agar semua Guru SMA harus mampu melaksanakan pembelajaran IT, Sekolah yang gurunya mengikuti Bimtek ini akan diberikan block grant sebesar Rp. 30.000.000,- (Tiga Puluh Juta Rupiah) untuk digunakan untuk mendesimenasikan materi pengembangan IT kepada Guru SMA di Kota/Kabupaten masing-masing.

Dari 100 orang yang mendapat undangan langsung dari Direktorat PPTK Pendidikan Menengah Kemendikbud RI, terdapat 6 Guru dari Provinsi Sulawesi Selatan yang diundang yaitu: Suprianto, S.Pd. (SMA Negeri 1 Liliriaja – Soppeng); Muhammad Risal, S.Pd., M.Si. (SMA Negeri 3 Lau – Maros); Nurahman Aksad (SMA Negeri 1 Bungoro – Pangkep); Husni Mubarak, S.Kom. (SMA Negeri 1 Parepare); Yasser Arafat, S.Pd. (SMA Negeri 1 Maniangpajo – Wajo); dan Arfiani (SMA Negeri 1 Lilirilau – Soppeng)

Selain 100 peserta, bimtek ini juga melibatkan beberapa narasumber diantaranya Dra. Maria Widiani, M.A. (Kasubdit PTK SMA Direktur Pembinaan PTK Dikmen Kemendikbud RI); DR. Rusman, M.Pd. (Dosen Universitas Pendidikan Indonesia); DR. Lantip Dian Prayogo, M.Pd. (Dosen Universitas Negeri Yogyakarta); Drs. Rakhmad, S.Pd. (Guru SMAN 1 Jakarta); Firman Oktora, S.Si., M.Pd. (Guru SMAN 1 Purwakarta); Imron Rosadi, S.T. (Guru SMAN 1 Ngimbang – Lamongan); dan Deva Rachman (Intel).

Dra. Maria Widiani, M.A. dalam pemaparannya mengungkapkan bahwa kedepan, pekerjaan guru adalah lebih berat karena optimalisasi distribusi. Menurutnya, distribusi guru yang tidak merata adalah sebuah permasalahan guru saat ini. Sehingga diperlukan sesegera mungkin bagi setiap kota/kabupaten melakukan pemerataan guru. “Jika masih ditemukan GTT di Sekolah Negeri, berarti ada yang tidak beres pada daerah” ungkapnya.

Lanjut Maria, olehnya itu semua guru harus mengajar minimal 24 jam perminggu. Selain itu, Guru juga diharapkan bergabung pada tim guru lintas mata pelajaran sebagai mentor dalam membina peserta didik dalam penelitian ilmiah di bidang STEM (Science, Technoology, Engineering, and Mathmematics) untuk mengikuti LKIR dan OPSI.

Sehingga Maria mengharapkan komitmen keseratus guru yang dilatih pada kegiatan tersebut untuk berbagi ilmu kepada guru yang tidak mendapatkan kesempatan diundang pada kegiatan tersebut. “Tularkan ilmu Bapak/Ibu kepada mereka yang tidak hadir. Pergunakan dana blockggrant desiminiasi Pengembangan IT dengan baik” Harapnya.

Pos ini dipublikasikan di Berita, Informasi, Kampus Cemara dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s