PUTERA DAERAH WAJO WAKILI INDONESIA PADA JAMBORE PRAMUKA SEDUNIA

Muhammad Alief Agusti

Muhammad Alief Agusti

Muhammad Alief Agusti, anak bungsu dari pasangan Agusti, S.Pd. dan Cahaya Bulan, S.Pd. patut berbangga karena merupakan satu-satunya putera daerah Kabupaten Wajo yang terpilih mengikuti Jambore Pramuka Sedunia ke-23 Tahun 2015 atau 23rd World Scout Jamboree yang akan segera digelar pada 28 Juli s.d. 8 Agustus 2015 di Kirara-hama, Yamaguchi, Jepang.

Salah seorang staf Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Wajo, Irwan Syamsuddin, S.H. menuturkan bahwa Putera Wakil Ketua Kwarcab Wajo kelahiran Sengkang, 31 Oktober 2000 tersebut selain merupakan satu-satunya peserta dari Kwarcab Wajo juga merupakan satu-satunya peserta dari Kwarda Sulawesi Selatan. Sementara utusan Sulawesi Selatan lainnya bertindak sebagai peninjau.

Alief akan berangkat ke Kirara-hama, Yamaguchi, Jepang bersama delegasi Indonesia lainnya yang berjumlah 462 Anggota Pramuka mulai dari Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, dan Pembina Pramuka se-Indonesia dibawah Pimpinan Kontingen Ir. H. Andi Fachri Makkasau yang juga Putera Daerah Sulawesi Selatan yang kini duduk sebagai Wakil Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Nasional (Waka Pusdiklatnas) sekaligus sebagai Andalan Nasional.

Logo 23nd World Scout Jamboree

Logo 23nd World Scout Jamboree

World Scout Jamboree merupakan kegiatan rutin yang diikuti oleh para pramuka usia 14 hingga 17 tahun dari seluruh dunia anggota World Scout Bureau (WOSM). Kirara-hama, lokasi yang digunakan sebagai tempat World Scout Jamboree ini adalah sebuah taman alam yang terletak di Prefektur (negara bagian/kota) Yamaguchi. Jambore sebelumnya (22nd World Scout Jamboree) telah diselenggarakan di  Rinkaby, Kristianstad, Scania di Swedia selatan pada tanggal 27 Juli s.d. 7 Agustus 2011 yang diikuti oleh 40.061 anggota pramuka dari seluruh dunia. Menurut sejarahnya, Jambore Pramuka Sedunia dilaksanakan pertama kali pada tanggal 30 Juli s.d. 8 Agustus 1920 di Olympia, London, Inggris.

Pada pelaksanaannya yang ke-23 ini, Jambore Pramuka Sedunia Tahun 2015 atau World Scout Jamboree akn mengangkat tema “WA: a Spirit of Unity. Menurut situs resmi 23rd World Scout Jamboree, http://www.23wsj.jp, huruf kanji  (WA), dalam tema tersebut mempunyai arti harmoni, kesatuan atau kebersamaan. Wa juga merupakan nama awal untuk Jepang. Jambore Dunia di Jepang ini bertepatan dengan 70 tahun peristiwa bom atom Hiroshima dan Nagasaki.

Pos ini dipublikasikan di Berita, Informasi, Nasionalisme, Pramuka dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke PUTERA DAERAH WAJO WAKILI INDONESIA PADA JAMBORE PRAMUKA SEDUNIA

  1. Ping balik: ALIEF IKUTI PEMANTAPAN KONTINGEN WSJ 2015 | Blog Pribadi Accher

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s