Pesan Presiden kepada Kontingen Pramuka Indonesia WSJ 2015

Foto bersama Kontingen Pramuka Indonesia (Sumber Foto: Halaman FB Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Foto bersama Kontingen Pramuka Indonesia (Sumber Foto: Halaman FB Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Portal Online Tribunnews.com hari ini merilis pesan Presiden RI, Joko Widodo saat melepas 462 Kontingen Pramuka Indonesia ke Jambore Pramuka Dunia yang ke-23 di Jepang. Pelepasan tersebut dilaksanakan di halaman depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Jumat (24/7/2015) di Jakarta.

Presiden Joko Widodo berpesan agar anggota kontingen Pramuka Indonesia tampil sebaik-baiknya. “Tunjukkan dengan penuh keyakinan diri, dengan penuh kebanggaan, dengan penuh kecintaan kepada negara dan bangsa Indonesia bahwa Gerakan Pramuka Indonesia adalah salah satu gerakan kepanduan terbaik di dunia.”

Kata Presiden yang yakin, jiwa juang Pramuka Indonesia tidak kalah dengan gerakan kepanduan dari negara mana pun. Jambore Dunia 2015 di Jepang yang mengangkat tema “Wa” atau “Semangat Kesatuan” sesungguhnya sangat sesuai dengan semangat keindonesiaan yang ingin kita bangun. Nilai yang terkandung dalam semangat itu bukan sesuatu yang baru bagi bangsa kita. Sebagai bangsa, kita memiliki Sesanti “Bhinneka Tunggal Ika”. Sesanti ini bahkan telah lama menjadi filosofi tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kepada peserta jambore, Presiden berpesan kata Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki, agar Pramuka Indonesia tampil dengan menunjukkan jati diri, karakter dan profesionalitas seorang Pramuka Indonesia. Melalui pertunjukan kekayaan seni-budaya, kontingen-kontingen dari negara lain dapat menyaksikan nilai-nilai kepribadian, jati diri, sikap, dan perilaku warga negara Indonesia yang ber-bhinneka tunggal ika. “Semangat itulah yang menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sampai detik ini,” tandasnya.

Presiden juga berharap, sepulangnya dari Jambore Dunia, peserta kontingen bisa menyebarkan nilai-nilai positif dari pesan yang terkandung dalam “Wa” atau “semangat kesatuan” agar nilai-nilai positif itu hidup di dalam hati setiap generasi muda Indonesia. “Dengan semangat kesatuan, kita akan siap bahu-membahu memajukan bangsa dan negara,” tuturnya.

Untuk diketahui, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Wajo mengutus satu orang untuk mengikuti kegiatan tersebut. Putera daerah yang berkesempatan menjadi delegasi Indonesia tersebut adalah Muhammad Alief Agusti, Putera Wakil Ketua Kwarcab Wajo, Agusti, S.Pd.

Sumber: Tribunnews.com

Pos ini dipublikasikan di Berita, Pramuka dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s