SMAN 1 MANIANGPAJO LAKSANAKAN MILAD XIX

Teriakan “SMAN 1 Maniangpajo, Lebih Bisa” membahana di Gedung Serba Guna Andi Alinuddin Anabanua di Bumi Abbulosipeppa Maniangpajo, tempat Kampus Cemara SMA Negeri 1 Maniangpajo melaksanakan ramah tamah dalam rangka milad XIX SMA Negeri 1 Maniangpajo, Rabu (18/05). Hadir dalam acara tersebut diantaranya Tripika Maniangpajo, Kepala UPTD Pendidikan Maniangpajo, Ketua Komite SMA Negeri 1 Maniangpajo bersama dengan pengurus, Pendiri SMA Negeri 1 Maniangpajo melalui wadah Yayasan Pendidikan Maniangpajo, Tokoh Pendidik, Tokoh Pemerintahan, Tokoh Masyarakat, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMA Negeri 1 Maniangpajo, Orang Tua/Wali Peserta didik, Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Maniangpajo, dan sejumlah undangan lainnya.

Milad yang bertema “Berinovasi – Berkreasi – Berprestasi” ini dilaksanakan dengan berbagai kegiatan diantaranya Pemilihan Putera-Puteri Cemara, Bazaar, Pentas Seni dan Ramah Tamah. Menurut Kepala SMA Negeri 1 Maniangpajo, Drs. Jamade, M.Si., rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan sejak tanggal 15 Mei 2011 dan menutup rangkaian kegiatan tersebut, pada hari ini (Rabu, red) dilaksanakan ramah tamah, untuk mempererat tali persaudaraan antara warga sekolah, pemerintah, pemerhati pendidikan dan masyarakat Kecamatan Maniangpajo.

Sementara itu, konseptor acara, Yasser Arafat, S.Pd., menuturkan bahwa kegiatan ini sengaja dikemas berbeda dari tahun sebelumnya, karena Diharapkan diusinya yang ke-19 SMA Negeri 1 Maniangpajo semakin meningkatkan inovasi dan kreasinya dalam memacu prestasi yang lebih tinggi lagi. Sehingga visi SMA Negeri 1 Maniangpajo dapat benar-benar diraih, dan bukan hanya angan-angan. Dirinya pun merasa yakin untuk meraihnya, sehingga jargon dari milad 19 Kampus Cemara ini adalah SMAN 1 Maniangpajo, Lebih Bisa!!!

Selain itu dalam penuturan dari Tim Pengembang Sekolah Urusan Kurikulum tersebut, dipuncak acara ditampilkan tarian empat etnis di Sulawesi Selatan, yaitu Bugis, Makassar, Mandar dan Tanah Toraja. Tidak ketinggalan Putera Cemara 2010 Andi Muhammad Mardatillah didaulat untuk bertindak sebagai MC dan diharuskan menggunakan tujuh bahasa yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Bahasa Makassar, dan Bahasa Bugis.

Menanggapi perubahan-perubahan tersebut, Ketua Panitia Milad XIX Kampus Cemara, Drs. H. Arapah mengungkapkan bahwa itu hal yang wajar sekaligus menguji kedewasaan berpikir khususnya bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di Maniangpajo. “Saya mengikut dari ide dan keinginan konseptor. Kalaupun ada perubahan, itu adalah hal yang wajar sekaligus menguji kedewasaan berpikir kita utamanya pembina di SMA Negeri 1 Maniangpajo” ungkapnya.

 Dalam kegiatan ini pula, diumumkan persentase kelulusan SMA Negeri 1 Maniangpajo, yang pada tahun ini kembali dapat meluluskan 100% siswanya. Selain itu diumumkan pula empat siswa yang dinyatakan lulus bebas tes melalui jalur SNMPTN – Undangan yaitu Besse Umra pada Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Unversitas Negeri Makassar, Rahmatiah pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus Makassar Universitas Negeri Makassar, Sitti Aisyah pada Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar, dan Harisman Amin pada Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Makassar. Selain itu, Ruri Anggreini juga dinyatakan lulus bebas tes pada Jurusan Sastra Inggris Universitas Hasanuddin Makassar melalui jalur JPPB

Sedangkan siswa yang meraih nilai tertinggi pada pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2011 pada Program Ilmu Pengetahuan Alam yaitu: Peringkat 1 diraih oleh Sitti Aisyah; Peringkat 2 diraih oleh Besse Umra, Herlina, dan Rahmatiah; Peringkat 3 oleh Nurfadillah As’ad, Andi Nurhawaidah, dan Rina Novi Asmariani. Pada Program Ilmu Pengetahuan Sosial, Peringkat 1 oleh Andi Muhammad Arif Bijaksana; Peringkat 2 oleh Jurana dan Muhammad Ferdhy Asdana; Peringkat 3 oleh Hermawan Talo, Nurul Hidayah, dan Harisman Amin. Siswa berprestasi tersebut kemudian mendapatkan penghargaan dari Kepala SMA Negeri 1 Maniangpajo.

Selain itu, Kepala SMA Negeri 1 Maniangpajo juga memberikan penghargaan kepada Drs. H. Hamka, Andi Syamsu Rizal, B.A., Yasser Arafat, S.Pd. sebagai Guru Berprestasi Tahun Pelajaran 2010/2011. kepada Sahri Bulan, S.S. dan Karyawan, S.Pd. sebagai Wali Kelas Berprestasi Tahun Pelajaran 2010/2011. dan kepada Sriwidiastuty sebagai Pegawai Berprestasi Tahun pelajaran 2010/2011. Kepala SMA Negeri 1 Maniangpajo juga menyematkan salempang dan pin Putera Cemara kepada Andi Nuzulul Qadri Bakti serta salempang dan pin Puteri Cemara kepada Andi Ardillah Rahman

Dalam sambutannya, Kepala SMA Negeri 1 Maniangpajo, Drs. Jamade, M.Si. menuturkan bahwa penyerahan penghargaan kepada tiga guru berprestasi, dua wali kelas berprestasi dan satu pegawai berprestasi berdasarkan penilaiannya selama satu tahun terakhir. Namun dirinyapun menegaskan bahwa seluruh pembina SMA Negeri 1 Maniangpajo yang berjumlah 51 orang semuanya berprestasi.

Lanjut dari ayah 3 anak ini, Keseluruhan dinamika, prestasi dan kinerja yang telah diraih, Kampus Cemara SMA Negeri 1 Maniangpajo diusianya yang hampir matang ini, merupakan bentuk dan komitmen pengabdian sekolah kepada negara dan bentuk pengokohan peran SMA Negeri 1 Maniangpajo sebagai tulang punggung perkembangan pendidikan nasional. Kiprah sekolah ini juga sejalan dengan cita-cita untuk meraih posisi sebagai salah satu “World Class School” khususnya dalam bidang pendidikan.

“Karena itu, ingin saya tegaskan bahwa kedepan SMA Negeri 1 Maniangpajo akan mengutamakan peningkatan mutu dan kinerja pendidikan. Sehingga Visi SMA Negeri 1 Maniangpajo “Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang Kreatif, Inovatif, Unggul, Berbudi Luhur, dalam Iptek dan Imtaq” Insya Allah dapat diraih.” Penegasan dari Kepala Sekolah yang meraih gelar Juara II Kepala Sekolah Berprestasi Tahun 2010 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini.

Suami Dra. Hasnah ini juga berharap agar siswa yang baru saja menyelesaikan studinya di bangku SMA tidak hanya belajar sampai disitu saja. “janganlah menjadikan hari ini sebagai hari terakhir di Kampus Cemara dan jangan pula menjadikan hari ini sebagai hari terakhir menuntut ilmu. Ananda adalah putera dan puteri terbaik Cemara. Hanya seperti inilah yang kami mampu berikan kepada Ananda selama tiga tahun, mudah-mudahan menjadi bekal untuk meraih kesuksesan yang jauh lebih sukses dari apa yang pernah kami berikan. Songsonglah masa depan Ananda dengan prestasi yang gemilang. Kami yang ada disini hanya mampu menitipkan sebuah warisan, ditanganmulah masa depan bangsa ini berada” ungkapnya

“Sebagai kenang-kenangan dari kami. Tadi saya sematkan PIN Logo Kampus Cemara SMA Negeri 1 Maniangpajo. Kenakanlah setiap saat. Pasanglah di dada kalian, dengan harapan di dada kalian tetap terpatri nama Kampus Cemara. “Garuda di Dadaku, Kampus Cemara juga di Dadaku, Kuyakin SMA Negeri 1 Maniangpajo, Pasti Jaya” ungkapnya lagi, sesaat sebelum menutup sambutannya.

Tinggalkan komentar